Umi Salamah: Islam Moderat Jadi Kunci Pendidikan Islam Era Pandemi Covid

Umi Salamah: Islam Moderat Jadi Kunci Pendidikan Islam Era Pandemi Covid

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Umi Salamah MPdI yang juga kaprodi S1 Staima Al Hikam Malang menyampaikan bahwa moderasi beragama pada Islam sangat membantu menciptakan ragam pendidikan Islam di era sekarang. Hal itu disampaikannya dalam sidang internasional ” Islamic and Social Education without Border “, pada Kamis (16/7/2020).

Seminar ini diselenggarakan dengan cara daring. Selain Umi, dari Staima Al Hikam juga ada Misbahul Munir, MPdI (dosen PAI STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang, Indonesia).  

Pembicara lain Prof Dr Sunardji Dahri Tiam MPd (direktur Pascasarjana Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia), Dr Siti Marpuah (Universiti Tun Hussein Onn Malaysia), Hendar Yusuf, Lc., MA (Al Mustafa International University, Qom Iran), Dr Ahmad Zainal Abidin, MA (IAIN Tulungagung, Indonesia), dan Dr Mukhlis Fahruddin, M. Si (Unira Malang).

Umi menjelaskan, moderasi beragama merupakan keseimbangan antara keyakinan (yang kokoh) dengan toleransi. Agama islam moderat dapat terealisasi dengan cara apabila terdapat dua syarat pokok. Yaitu, akidah dan toleransi (tasāmuḥ).  

“Akidah yang dimaksudkan dalam konteks ini, yaitu ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan apa yang telah diteladankan oleh RasÅ«lullāh Muḥammad SAW serta harus diyakini oleh umatnya. Sedangkan toleransi sanggup diartikan sebagai kemauan untuk berpegang teguh pada pendapat sendiri, namun bersedia mengerti pendapat dari karakter lain, ” papar Umi Salamah.

Umi menambahkan, di tengah   pandemi Covid-19 ini, terjadi kondisi dengan tidak mudah. Karenanya harus beradaptasi dengan banyak pembiasaan baru. Serupa menjadikan siapapun harus tetap survive dan siap menerima setiap mutasi.

“Musibah yang tidak pandang agama, suku, negara, dan strata ini mendaulat kita lebih peka terhadap sekitar dan bertoleransi dengan sesama. Ini lah inti dari pendidikan Islam dengan harus kita bumikan. Karena nyata, Islam adalah agama moderat, berada di tengah, ” ujar Umi Salamah MPdI dari Staima Al Hikam Malang. (*)