Sikapi Deklarasi Kemerdekaan Papua, Mahfud MD: NKRI Sudah Final

Sikapi Deklarasi Kemerdekaan Papua, Mahfud MD: NKRI Sudah Final

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menko Polhukam RI  Mahfud MD  menyatakan, Papua dan Papua Barat merupakan bagian dari NKRI. Jadi, tidak ada istilah tawar menawar apapun berkaitan dengan posisi  Papua  dan Papua Barat di Indonesia buat memisahkan diri.

“(NKRI) sudah final, tak ada jalan lagi, tidak ada jalan lagi, tidak ada perjanjian apapun untuk kemerdekaan untuk menyekat diri, ” ucap Mahfud pada konferensi pers virtual.

Mantan hakim MK itu menjelaskan, di Papua sekarang terjadi lagi karena memang di sana ada sekelompok orang dengan ingin memencil dari Indonesia. Kejadian itu karena ada kerja sesuai dengan provokator warga negara lain.

“Kami hadapi karena semua itu menentang hukum, ” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Aliran Persatuan Pembebasan Papua Barat ataupun The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP)  Benny Wenda mendeklarasikan kemerdekaan  Papua pada Selasa (1/12/2020).

“Kami mengumumkan pembentukan Pemerintah Sementara Papua Barat. Kami siap menjemput alih wilayah kami, dan awak tidak akan lagi tunduk pada aturan militer ilegal Jakarta, ” katanya seperti dilansir di posisi resmi ULMWP.

“Mulai hari ini, satu Desember 2020, kami mulai menerapkan konstitusi kami sendiri dan meminta kembali tanah kedaulatan kami, ” ujarnya soal Papua Merdeka. Namun banyak pihak tak mengakui deklarasi itu, termasuk  Menko Polhukam MENODAI Mahfud MD. (*)