Sejarah Hari Ini: 20 Maret, Peringatan Hari Kebahagiaan Internasional

sejarah-hari-ini-20-maret-peringatan-hari-kebahagiaan-internasional-2

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 20 Maret menyimpan banyak peringatan. Namun tersedia satu yang unik dengan tidak boleh dilewatkan, yakni peringatan Hari Kebahagiaan Internasional. Sejarah hari ini serupa mencatat beberapa peristiwa yang lain, seperti kelahiran VOC atau Vereenigde Oostindische Compagnie.

1602

20 Maret 1602 tercatat sebagai tanggal berdirinya VOC (Vereenidge Oostindische Compagnie). VOC adalah persekutuan kulak Hindia Belanda. Keberadaan VOC menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah Indonesia. VOC tak hanya memonopoli perniagaan, mereka juga membawa kesengsaraan bagi rakyat Indonesia secara sistem kerja paksa & perang.  

2013

Hari kebahagiaan internasional itu dicetuskan oleh Illien dengan merupakan seorang dermawan dan penasehat khusus PBB. Illien mendatangkan ide tersebut dengan tujuan bahwa bahagia merupakan tujuan untuk semua umat manusia. Ide tersebut, mendapat dukungan dari Ban Ki-Moon, sekretaris jenderal PBB kurun itu. Ide ini juga mendapat dukungan dari 193 negara anggota PBB yang lain.  

20 Maret dipilih karena tanggalnya tersebut biasanya bertepatan dengan vernal equinox, yang menandai awal musim semi. Vernal equinox, ataupun titik musim semi matahari menandai dimulainya musim tunas astronomis. Ekuinoks adalah domisili matahari tepat di ekuator, hal ini terjadi 2 kali dalam satu tarikh, yaitu pada tanggal 19-21 Maret, dan 21-23 September.

Illien menggambarkan vernal equinox sebagai “fenomena universal yang dirasakan oleh semua umat manusia” dan “periode pembaruan dan awal baru, untuk semua”, itulah sebabnya kok Hari Kebahagiaan Internasional dipilih pada 20 Maret. So… Jangan lupa bahagia ya. (*)