Satlantas Polres Sumba Timur Sukses Turunkan Angka Laka, Ini Rahasianya

Satlantas Polres Sumba Timur Sukses Turunkan Angka Laka, Ini Rahasianya

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Satuan Berantakan Lintas Polres Sumba Timur, NTT berhasil turunkan angka kecelakaan lalulintas (Laka) serta mengurangi pelanggaran lalulintas di Kabupaten Sumba Timur.

Kasat Lantas Polres Sumba Timur AKP Leyfrids D. Mada, SH Sabtu (4/7/2020) mengatakan, untuk menekan jumlah peristiwa kecelakaan yang terjadi di Sumba Timur, pihaknya terus berupaya melakukan razia rutin dan sosialisasi pada tingkat masyarakat maupun di sekolah-sekolah.

“Kita terus berupaya untuk menekan total kasus kecelakaan dengan cara razia rutin dan sosialisasi kepada siswa-siswi di sekolah-sekolah, ”kata AKP Leyfrids.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data perbandingan jika dilihat dari masing-masing semesteran dalam tahun 2019 bulan Januari maka Juni angka kecelakaan lalu lintas ada 48 kasus kecelakaan, wafat dunia 14 orang, luka berat nihil dan luka ringan 98 orang.

Angka itu lebih tinggi kalau dibanding pada 2020 periode bulan Januari hingga Juni yang tersedia 34 kasus kecelakaan dengan meninggal dunia 12 orang, luka mengandung nihil dan luka ringan 59 orang.

AKP Leyfrids menjelaskan, dengan menurunnya angka kecelakaan lalulintas. Pihaknya meminta agar masyarakat dapat menyadari serta pentingnya mematuhi aturan lalu lintas guna menekan angka kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Sumba Timur.

Tentunya dalam razia rutin tersebut bagi pengendara yang melanggar petunjuk akan dikenakan sanksi tertulis dan penilangan karena wajib menggunakan helm, kelengkapan kendaraan dan melengkapi surat-surat kendaraan.

“Kita pun terus melakukan kegiatan itu hingga terciptanya Lalu lin yang aman, nyaman dan kondusif, ” tandas AKP Leyfrids D. Mada, SH selaku Kasat Lantas Polres Sumba Timur, NTT. (*)