Rektor IV Unitomo Bicara Soal Suasana UMKM Selama Pandemi

Rektor IV Unitomo Bicara Soal Suasana UMKM Selama Pandemi

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Rektor IV Unitomo  (Universitas Dr. Soetomo) Surabaya, Dr Meithiana Indrasari ST., MT mengatakan UMKM terbukti menyelamatkan Indonesia saat krisis moneter tahun 1998. Namun bertolak dapur dengan pandemi saat ini.

“Di Tarikh 98 tersebut terbukti bahwa UMKM adalah penyelamat ekonomi Indonesia. Tetapi, ini sangat jauh berbeda malah di pandemi sekarang ini, UMKM adalah yang sangat menderita, ” jelasnya, Selasa (8/12/2020).

Ia juga mengungkap bahwa pada awal Pandemi, semua UMKM adalah pihak yang paling terdampak. Khususnya bagi UMKM dengan lemah dalam bertahan di periode pandemi.

“Di awal-awal pandemi, tidak memiliki jalan keluar. Jadi benar benar yang terimbas adalah UMKM. Serta selalu ada treatment khusus bagi orang-orang (UMKM) yang lemah, ” ungkap Meithiana yang juga merupakan pendamping UMKM di Jawa Timur ini.

Meithiana mengatakan karakteristik UMKM yang berjuang menciptakan peluang ketika menemui krisis karena pola pikir (mindset) yang dibuat untuk selalu kaya dan inovatif. Serta selalu adaptatif dalam berpikir sehingga pada belakangan beralih dari konsep offline menjadi online selama pandemi.

Dengan adanya istimewa tersebut, menjadi peluang bagi UMKM dalam menghadapi pandemi. Namun, bagaimana peran UMKM secara langsung untuk Ekonomi Indonesia dimasa pandemi?

Pertanyaan itu akan dibahas dalam Times Podcast “Peran UMKM dalam Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi” bersama Rektor IV Unitomo Surabaya, Dr Meithiana Indrasari ST., MM  yang mampu anda simak pada hari Rabu, 09 Oktober 2020 jam 06. 00 melalui Channel Youtube Times TV. (*)