Perlindungan Nataru, Wakapolrestabes Bandung Pimpin Apel Pergelaran Bhabinkamtibmas

Perlindungan Nataru, Wakapolrestabes Bandung Pimpin Apel Pergelaran Bhabinkamtibmas

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Wakapolrestabes Bandung AKBP Yade Setiawan Ujung memimpin Apel Pergelaran Bhabinkamtibmas, pada Lapangan Apel Mapolrestabes Bandung, Kamis, (24/12/20). Apel diikuti para Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran mengikuti 150 anggota Bhabinkamtibmas Polrestabes Bandung.

Wakapolrestabes Bandung menjelaskan apel digelar dalam rangka pengamanan Natal dan Tarikh Baru (Nataru) guna mewujudkan Kamtibmas Kota Bandung yang Kondusif.

AKBP Yade Setiawan dalam sambutannya mengatakan, tupoksi Bhabinkamtibmas sebagaimana dalam Perkap 3/2015 tentang Polmas, antara lain berjalan melaksanakan kunjungan sambang door to door kepada masyarakat untuk mendengar keluhan warga masyarakat tentang permasalahan kamtibmas

“Sekaligus juga Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas; memberikan bimbingan penyuluhan; pembinaan Siskamling; menggerakkan kegiatan-kegiatan positif kelompok; memberikan pelayanan dan bantuan kepolisian; konsultasi, mediasi, negosiasi, fasilitasi, semangat kepada masyarakat dalam Harkamtibmas & pemecahan masalah kejahatan dan baik, ” terang AKBP Yade.

Wakapolrestabes berpesan agar Bhabinkamtibmas melaksanakan tugas secara menggunakan Strategi Polmas, kemitraan dan kerja sama dengan masyarakat atau komunitas, pemecahan masalah (problem solving), pembinaan keamanan swakarsa, eksistensi FKPM, pelayanan Polri kepada masyarakat, petunjuk dan penyuluhan, patroli dialogis, & intensifikasi hubungan dengan komunitas.

“Tolong di-update kembali penguasaan wilayah desa dan kelurahan binaan masing-masing, dengan pengetahuan Trigatra dan Pancagatra serta informasi-informasi lainnya, ” pesan Waka.

Lebih sejak itu ia menginstruksikan Bhabinkamtibmas supaya melakukan mapping potensi konflik dan merencanakan strategi alternatif pemecahan masalahnya dengan koordinasi 3 pilar.

“Tugas tambahan Bhabinkamtibmas dalam situasi pandemi Covid-19 ini antara lain, melakukan edukasi sosialisasi 3M 1T, pemberdayaan Lembur Tohaga Lodaya (LTL) melalui giat-giat substantifnya dan pemberdayaan Komunitas Tohaga Lodaya (KTL) dalam rangka pemberdayaan masyarakat, ” kata Wakapolrestabes Bandung.   (*)