Penyajian ‘Rasa Cinta’ ala Kelurahan Lok Tuan Bontang, Ini MaknanyaÂ

Penyajian 'Rasa Cinta' ala Kelurahan Lok Tuan Bontang, Ini MaknanyaÂ

TIMESINDONESIA, BONTANG – Kelurahan merupakan instansi yang selalu berkaitan dengan melayani kelompok. Dalam melayani masyarakat, Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang  berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan dengan Mengecap Cinta.

Secara Harfiah, Rasa Cinta merupakan kasih sayang. Seyognya, ketika penyajian dilakukan dengan kasih sayang, oleh sebab itu akan timbul rasa nyaman terhadap masyarakat.  

“Namun, Rasa Cinta dengan dimaksud dari tagline tersebut merupakan Ramah, Santun, Cekatan, Intelek, Ahli dan Amanah, ” kata Lurah Lok Tuan, M  Takwin saat ditemui TIMES Indonesia,   Rabu  (12/8/2020).

Dari setiap kata, Takwin menjelaskan bahwa Ramah adalah  ketika melayani klub harus memberikan senyuman dan tidak melakukan deskriminasi terhadap masyarakat.

Adab , berbudi bahasa yang molek kepada masyarakat dan tidak arogan. Cekatan , dalam melayani masyarakat harus teliti jadi pelayanan akan lebih efektif. Kemudian, Intelek , pegawai harus memiliki kemampuan dan wawasan.

Kemudian, Terampil   setiap pegawai akan dibekali pelatihan biar dalam melayani masyarakat semakin terampil. Dan yang terakhir adalah Amanah , setiap personel harus menjalankan tugas dengan elok, apa yang ditugasi oleh majikan maupun pelayanan yang ada pada Customer service.  

“Tagline itu tetap diterapkan oleh semua pegawai. & kami pasang spanduk di periode pelayanan. Supaya terus dilihat dan bisa selalu diingat untuk diterapkan dalam melakukan pelayanan, ” ucapnya

Kelurahan Lok Tuan juga tidak menetapkan masyarakat untuk membuat pengaduan bila terdapat ketidakpuasan dalam pelayanan. Umum bisa mengisi lembar penilaian ataupun mengirim pengaduan di akun media sosial Kelurahan.

Bahkan Takwin mengaku umum bisa juga langsung menghubungi dirinya, tidak ada batasan untuk menyelenggarakan pengaduan. Biasanya ia juga menyambut pengaduan melalui telepon.

“Untuk sosial jalan kita punya akun IG, Website dan FB. Di situ mampu sebagai sarana informasi, dan pula bisa sebagai sarana masyarakat mengantarkan saran atau permasalahan yang ada di Kelurahan Lok Tuan, ” tutup Takwin selaku Kepala Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang. (d)