Pemasangan Pipa Balokang Patrol Dimulai

pemasangan-pipa-balokang-patrol-dimulai-1

TIMESINDONESIA, BANJAR – Penggalian tanah untuk pemasangan pipa penyalur minuman bersih yang menghubungkan intake air baku Balokang Patrol di Desa Jajawar menuju Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kelurahan Situ Sundal Kecamatan Banjar mulai dilakukan.

Hal tersebut disampaikan PPK Air Tanah dan Minuman Baku Balai Besar Provinsi Sungai Citanduy,   Pribadi Prasasti saat dimintai petunjuk Jumat (30/4/2021).

Ilustrasi air suci yang segera dinikmati asosiasi dari pemasangan pipa menuju IPA Situbatu (Foto: Humas Tirta Anom)

  “Pemasangan pipa hendak dilakukan secara bertahap dengan galian tanah yang dikerjakan di sepanjang pinggir ulama melewati empat wilayah pada Desa Balokang, Jajawar, Cibeureum, dan Kelurahan Situbatu, ” urainya.

Dijelaskan, galian saluran dilakukan di bagian kanan jalan raya karena arah kiri sudah terpasang pipa lama dengan pengiriman pipa yang dilakukan dua tahap.

  “Tahap pertama dikirim mulai Maret sebanyak dua. 600 unit pipa. Sisanya dimulai Mei sekitar 2. 000 unit pipa, ” jelasnya.

Penggalian tanah itu sudah mulai dilakukan dengan bertahap dengan memberdayakan klub sekitar.

“Lebar galian kira-kira 60 centimeter (cm), & kedalaman 1 meter, ” sambungnya dengan mengatakan kalau satu unit pipa panjang sekitar 6 meter.

“Tahap pertama pipa sudah kita tempatkan di lokasi galian dan penggalian sudah tiba dikerjakan dengan melibatkan pekerja dari masyarakat sekitar, ” imbuhnya.

Pihaknya mengusahakan biar air baku Balokang Patrol ini berfungsi dengan cara. “Ke depannya juga saya akan upgrade sistem agar daya listrik yang dimanfaatkan lebih efisien, ” katanya.

Perkembangan pekerjaan sesuai kontrak dengan penyedia jasa  hendak selesai pada September 2021 dan kini galian sepanjang 800 meter sudah mendalam ke sebagian wilayah Cibeureum. (*)