New Spirit, Logo Baru KAI Diluncurkan di Momen HUT ke-75

New Spirit, Logo Baru KAI Diluncurkan di Momen HUT ke-75

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT KAI (Kereta Api Indonesia) mengganti logo perusahaannya. Tujuannya, untuk mempercepat integrasi bisnis KAI Group dan menaikkan fleksibilitas ekspansi bisnis ke ajaran.

“Dengan adanya perubahan logo ini, dapat lebih mengintegrasikan KAI Group yang berbeda bisnis dan budayanya menjadi satu dalam satu grup kongsi, ” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo pada perayaan HUT yang ke-75 tahun di Biro Pusat KAI, Bandung, Senin (28/9/2020).

Didiek mengatakan, perubahan logo ini jadi langkah transformasi menjadi sebuah brand architecture yang efektif, sehingga akan menciptakan keterpaduan di dalam KAI Group. Disamping itu, pergantian logo KAI diharapkan dapat semakin meningkatkan metode komunikasi terhadap semua stakeholders , serta dapat mengefisiensikan anggaran.

Logo baru KAI ini terinspirasi dari bentuk rel kereta dengan digambarkan dengan garis menyambung ke atas pada huruf A. KAI diharapkan terus maju dan menjelma solusi ekosistem transportasi terbaik yang terintegrasi, terpercaya, bersinergi, dan kelak dapat menghubungkan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Perubahan logo ini pada rangka menjawab tantangan yang tersedia dan selaras dengan visi KAI yang baru, yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Nusantara, ” imbuh Didiek.

Dengan menggunakan typeface italic yang dinamis dan modifikasi dalam huruf A menggambarkan karakter KAI yaitu progresif, berpikiran terbuka, serta terpercaya. Grafik yang tegas tetapi ramah dengan perbedaan warna dalam huruf diharapkan dapat mencerminkan hubungan yang harmonis dan kompeten antara KAI dan seluruh pemangku relevansi.

Sementara perpaduan antara warna biru gelap yang menunjukkan stabilitas, profesionalisme, lurus, dan kepercayaan diri, yang ditambah dengan aksen warna oranye dengan menunjukkan antusiasme, kreativitas, tekad, keberhasilan, dan kebahagiaan.

“Semoga dengan logo pertama ini memberikan spirit baru bagi KAI untuk mewujudkan visi berlandaskan dalam nilai-nilai utama yang baru, yaitu AKHLAK, Amanah, Kompeten, Harmonis, Patuh, Adaptif, dan Kolaboratif, ” logat Didiek.

Pada agenda HUT kali itu KAI juga meresmikan peluncuran Membership KAI Access. Melalui Membership KAI Access, setiap transaksi pembelian tiket KA jarak jauh komersial pada seluruh channel , pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan railpoint . Setiap pembelian tiket senilai minimal Rp 50. 000 akan mendapatkan poin sebesar 10 poin dan berlaku kelipatannya dengan pembulatan ke bawah.

Untuk memperoleh poin, pelanggan diharuskan melakukan update pelaksanaan KAI Access ke versi 4. 3. 8 dan terlebih dahulu mendaftar menjadi member melalui penggunaan KAI Access atau situs kai. id . Agar sanggup menikmati lebih banyak benefit , maka pelanggan diimbau untuk melakukan upgrade ke Member Premi. Benefit Member Premium yaitu redeem point , program eksklusif, diskon spesial, dan layanan premi.

“Kami percaya loyalitas pelanggan terhadap KAI Access adalah segalanya. Kini saatnya bagi kami memberikan apresiasi pada pelanggan setia dengan menghadirkan rencana Membership KAI Access, ” kata pendahuluan Didiek.

Dalam rangka HUT ke-75 PT KAI melalui program CSR, KAI memberi bantuan sebesar Rp 1, 075 miliar kepada penyandang disabilitas di seluruh wilayah operasi KAI dari Aceh sampai Jember. Dalam momen spesial ini, KAI awak merangkul mereka yang berkebutuhan khusus agar terus termotivasi, sehingga sanggup berkarya lebih banyak.

Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengucapkan, bantuan berupa kursi roda, cara bantu dengar, tempat tidur, perbaikan gedung, serta sarana air terang kepada yayasan-yayasan disabilitas dan SLB. “Juga bantuan untuk mendukung kelompok usaha dan aksesibiltas para disabilitas berupa peralatan usaha, motor roda 3, dan mobil operasional, ” katanya, Selasa (29/9/2020) pagi.

Sementara PT Balai Pustaka (Persero) terbitkan kunci Sejarah Perkeretaapian Nusantara: Dulu, Kini, dan Mendatang . Buku berisi perjalanan panjang KAI, mulai dari pertama kali pendirian jalur kereta api hingga KAI terus bertransformasi tanpa henti. (*)