Metode Al Qosimi Latih Peserta Miliki Hafalan Al Quran yang Kuat

Metode Al Qosimi Latih Peserta Miliki Hafalan Al Quran yang Kuat

TIMESINDONESIA, SOLO – Terdapat banyak metode cara menghafal Al Quran yang berkembang di Indonesia. Salah satunya metode Al Qosimi.

Metode yang ditemukan oleh Ustadz Abu Hurri Al Qosimi Al Hafidz ini banyak dipakai di sejumlah pesantren, yayasan pendidikan Islam serta sejumlah rumah tahfid di berbagai daerah.

“Metode ini memprioritaskan unsur hafalan yang kuat. Bukan cepat-cepatan hafalan dan banyak-banyakan ayat. Metode ini sudah dirancang dengan berbagai serangkaian praktek dan uji coba ke berbagai santri,” tutur Ustadz Abu Hurri Al Qosimi Al Hafidz dalam workshop di Hotel Amira Solo, Minggu (23/8/2020).

Lebih jauh dijelaskan, metode ini bisa diterapkan kepada semua umur, dari anak dan remaja hingga dewasa atau lanjut usia. Yang jelas syaratnya bisa membaca Al Quran dengan lancar. Apabila diterapkan metode ini secara rajin dan disiplin diyakini akan memiliki hafalan yang bertahan lama.

“Melalui pelatihan ini para peserta bisa langsung praktek. Dan saya pastikan bisa. Dengan dibaca berulang-ulang setidaknya 40 kali maka ayat Al Quran akan mudah dihafal,” tegasnya.

Ustadz Abu Hurri Al Qosimi menambahkan, metode ini sangat efektif apabila diterapkan di pondok pesantren, madrasah, lembaga pendidikan Islam, rumah tahfidz, Islamic Center dan sebagainya. Harapannya, akan lebih banyak penghafal Al Quran pada waktu yang akan datang.

Ustad Amir Alhajjam selaku penyelenggara acara menyampaikan, workshop kali ini diikuti puluhan peserta dari berbagai latar belakang profesi. Mulai dari guru, pengelola yayasan Islam, dosen, kalangan profesional, dan yang lain. Mereka berasal dari wilayah Soloraya dan sekitarnya.

“Alhamdulillah penyelenggaraan workshop kali ini mendapat respon positif. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Terasa menyenangkan karena bisa langsung dipraktekkan,” ucap Ustadz Amir Alhajjam.

Di arena workshop metode Al Qosimi juga terdapat stand yang terdiri dari berbagai produk. Seperti aneka buku pengetahuan Islam dan tahfidz, poster serta mushaf Al Quran. Stand ramai diburu peserta yang nampak berkeinginan tinggi menambah pengetahuan Islam dan pembelajaran hafalan Al Quran. (*)