Masuki Tahap Uji Coba, Kayutangan Heritage Siap Dibuka

Masuki Tahap Uji Coba, Kayutangan Heritage Siap Dibuka

TIMESINDONESIA, MALANG – Pendirian kawasan wisata Kayutangan Heritage, Tanah air Malang, Jawa Timur  akan lekas rampung. Tinggal melakukan finishing & siap untuk dibuka.

Kontraktor pembangunan Kayutangan Heritage telah melakukan uji jika kekuatan konstruksi jalan yang dibuat dari bahan batu andesit.

Dari hasil tes coba tersebut, Konsultan Pengawasan Rencana Kayutangan, Warjo mengatakan tak ada kendala dan bisa dipastikan damai.

“Sejauh ini semua aman dan tidak ada kendala. Kita sudah lakukan uji coba dan kekuatan konstruksi jalan pun kuat, ” ujar Warjo, Sabtu (19/12/2020).

Warjo menjelaskan, ada tiga tahapan uji coba internal yang telah dilakukan yakni, traksi, lendutan dan tumbukan. Untuk dengan pertama, yaitu traksi adalah menilai kekuatan konstruksi jalan batu andesit untuk menahan beban kendaraan zaman melintas.

“Traksi ini, kita melihat sentuhan antara permukaan jalan dengan jalan kendaraan. Caranya dengan kecepatan terbatas lalu di rem mendadak. Belakang kita lihat apakah ada mutasi atau tidak, ” ungkapnya.

Kedua, tes coba lendutan, yakni merupakan tata cara untuk melihat apakah terjadi modifikasi konstruksi pada jalan saat dilewati kendaraan jenis truk.

“Perubahannya seperti adanya gelombang pada konstruksi, itu buat melihat adanya pengaruh gelombang kita menggunakan alat pengukur bernama waterpass. Saat dibuktikan ternyata aman serta tidak ada pengaruh sama sekadar. Jadi disepanjang 120 cm saya lihat ada perubahan atau tak, ” jelasnya.

Uji coba yang belakang, ini dilakukan dengan cara melanggar yakni, cara pengujuan dengan menekan permukaan tanah dengan kendaraan berat sehingga bisa dilihat kekuatannya.

“Saat menilai tadi, truk dengan muatan 14 ton kita naikan ban belakannya setinggi 20 cm. Setelah tersebut kita hentikan sebentar dan kita jatuhkan. Ini tadi saat dilakukan ternyata tidak ada kehancuran ataupun getaran material, jadi aman, ” tuturnya.

Warjo mengatakan, dari hasil uji coba tersebut konstruksi jalan tak mengalami kendala dan aman semua sehingga tinggal menunggu instruksi untuk kapan bisa dibuka.

“Tinggal nanti kita menunggu instruksi saja, kapan Kayutangan Heritage akan dibuka. Karena progress saat ini kita hanya tinggal finishing karena semua sudah sempurna, ” ucapnya. (*)