Masuk Saat Pandemi, Ini 7 Minuman untuk Meningkatkan Daya Tahan Awak

Masuk Saat Pandemi, Ini 7 Minuman untuk Meningkatkan Daya Tahan Awak

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam masa pandemi ini, menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh menjadi hal yang benar penting. Daya tahan tubuh yang kuat dapat melindungi diri sejak segala jenis virus agar tak mudah terserang penyakit dan bisa tetap melakukan aktivitas seperti umum.

Tersedia berbagai hal yang dapat dikerjakan untuk menjaga daya tahan awak. Selain memakan makanan yang bergizi seimbang, kita juga dapat menggunakan minuman berkhasiat yang dapat memajukan imunitas tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

1. Wedang Uwuh

Minuman tradisional Yogyakarta ini dikenal memiliki segudang manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Terbuat dari bahan rempah wajar membuat wedang uwuh ini siap meningkatkan kekebalan tubuh. Adapun kaum bahan yang digunakan meliputi daun cengkih, daun pala, kayu rupawan, jahe, gula batu, dan kaum lainnya.

Kandungan ekstrak jahe dalam wedang uwuh terbukti dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Jahe, pertama yang berwarna merah, memiliki senyawa gingerol dan shogaol cukup mulia. Keduanya berfungsi sebagai antioksidan wajar bagi tubuh.

Saat daya tahan tubuh meningkat, sistem imun juga akan lebih optimal dalam melakukan persabungan terhadap serangan zat asing sejak luar, seperti virus dan bakteri.

dua. Wedang Jahe

Wedang jahe adalah minuman minuman sari jahe tradisional daripada daerah Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur, Indonesia yang umumnya disajikan hangat atau panas. Wedang jahe juga kadang disebut sebagai teh jahe, meskipun serupa sekali tidak mengandung daun teh. Wedang jahe adalah minuman tradisional yang terbuat dari ekstrak jahe, gula merah, sereh dan kayu manis.

Ekstrak jahe terbukti mengandung bebebera senyawa berakhasiat yang disebut zingerone, shogaol, dan gingerol. Gingerol merupakan zat aktif minyak atsiri jahe yang berperan meningkatkan kemampuan sel pembunuh alami NK untuk memperbanyak diri dan menghancurkan dinding organ virus. Konsumsi ekstrak jahe dengan rutin mampu meningkatnya fungsi makrofag yang menelan dan membunuh bakteri, serta meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh.

3. Jus Jeruk

Dalam dunia kesehatan, jus jeruk dipercaya dapat membangun meningkatkan imun dengan pengaruh dengan cukup besar. Memiliki kandungan konstentrat vitamin C yang tinggi membuat jus jeruk dapat diandalkan untuk mengatasi masalah badan lemas. Pokok vitamin C yang dimilikinya menyimpan antioksidan yang sangat melimpah. Tetap bisa diminum secara rutin agar kekuatan imun tetap terjaga.

4. Jus Tomat

Selain jeruk, tomat juga mampu dimanfaatkan untuk membuat jus jadi nutrisi pelengkap agar imunitas tubuh tidak menurun. Tomat dikenal memiliki vitamin C seperti halnya jeruk. Meskipun kadar vitaminnya tidak lebih tinggi, namun tomat juga sanggup menjaga kekebalan tubuh dalam zaman yang cukup lama.

Jus tomat hangat sangat efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengandung vitamin C, tomat juga mengandung folat dengan sangat baik untuk melindungi awak dari infeksi. Jika ingin meminum jus yang lebih kaya nutrisi, disarankan untuk menggabungkan tomat, kale dan seleri.

5. Teh Hijau

Teh muda setidaknya memiliki zat katekin jadi penyuplai kekuatan imun tubuh. Selain itu minuman ini juga menyimpan polifenol untuk memperkaya zat antioksidannya.

Karena mengandung banyak antioksidan, teh hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga pola imun tubuh bisa meningkat. Tidak hanya itu, efek antibakteri dengan dimiliki teh hijau juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut seseorang.

enam. Air Jahe dan Cuka Apel

Jahe mengandung bahan kimia yang disebut seskuiterpen yang dapat menargetkan virus penyebab flu. Sementara cabai kecil mengandung capsaicin dalam jumlah tinggi yang menekan neuropeptida yang berperan dalam proses inflamasi. Sementara cuka apel mengandung bakteri baik dan berperan sebagai prebiotik yang mampu memberikan manfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

7. Susu Kunyit

Salah satu perut dari kayu manis yang ditambahkan dalam susu kunyit, cinnamaldehuyde bersemangat antibakteri. Kemudian, bahan aktif kurkumin yang ditemukan dalam kunyit bisa meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semakin kuat gaya tahan tubuh terhadap penyakit, semakin susah celah bagi virus, bakteri, atau jamur untuk menimbulkan infeksi lebih parah, sehingga tubuh siap lebih cepat pulih. (*)