KPU Kota Samarinda Imbau Masyarakat Sangga Tugas PPDP dengan Menyiapkan Bahan Diri

KPU Kota Samarinda Imbau Masyarakat Sangga Tugas PPDP dengan Menyiapkan Bahan Diri

TIMESINDONESIA, BONTANG – Ketua Tip Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, Kalimantan Timur Firman Hidayat mengimbau peran aktif masyarakat untuk memudahkan tugas  PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih)  dalam pemutakhiran data, terutama pada hal identitas dan data pemilih.

Kejadian tersebut dikatakannya saat KPU Praja Samarinda menggelar apel siaga kesiapan Coklit serentak Pilkada 2020 dalam halaman kantor KPU Kota Samarinda, Jalan Juanda, Sabtu (18/7/2020).

“Petugas hendak berkoordinasi dengan Ketua RT, klub saya harap menyiapkan KTP dan Kartu Keluarganya agar mudah dalam data oleh PPDP, ” Imbau firman

Menurutnya, proses pemutakhiran dan pendaftaran pemilih, harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan penuh tanggung berat. Coklit merupakan komitmen bersama di mengawali proses penyusunan daftar pemilih harus dilakukan secara transparan dan melindungi hak warga Negara dengan telah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Kaltim Divisi Hukum, Fahmi Idris saat memimpin apel mengatakan total Tempat Pengumpulan Suara (TPS) sebanyak 1. 965 TPS untuk Kota Samarinda. Menurutnya terdapat masing-masing 1 orang aparat untuk setiap TPS yang cerai-berai di 10 kecamatan yang tersedia di Kota Samarinda.

“Selama kegiatan PPDP, petugas yang berkunjung akan bertatapan langsung dengan pemilih, sehingga seluruh petugas telah dilengkapi dengan kendaraan pelindung diri, dan tersebar pada seluruh kecamatan yang ada dalam sini (Samarinda), ” ungkapnya

Kendati Samarinda termasuk dalam kategori zona merah pandemi Covid-19, menurut Fahmi, kesibukan KPU akan tetap berlangsung sampai tanggal yang ditetapkan dan sebati dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 5 tahun 2020.

“Kami selalu mengingatkan kepada petugas PPDP untuk menerapkan protokol kesehatan zaman bertugas, untuk menjaga keselamatan pemangku dan pemilih. Lagi pula logistik diri sudah terpenuhi, ” ujarnya. (*)