Kenangan Singkat Lumpia Basah Bandung

sejarah-singkat-lumpia-basah-bandung-1

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lumpia Basah adalah jajanan khas kota Bandung dengan sedikit penyesuaian menemui lokal. Yang membuat sasaran ini istimewa adalah karena disajikan dengan oncom, makanan khas Bandung yang terbuat dari fermentasi ampas tahu.

Jika ditilik dari bentuk dan isian, lumpia basah Bandung lebih mirip dengan lumpia ala Vietnam. Namun dalam negara ini isiannya bertambah kepada potongan kecil daging babi dan saturan dengan di tumis.

FOTO:   Github

Lumpia digadang-gadang berasal dari negara Cina. Para pedagang Cina mendatangkan makanan dan memperkenalkan sasaran ini ke masyarakat lokal. Sebagaimana mereka memperkenalkan bakso, nasi goreng, bakmi, kwetiau dan lain2.

Makanan itu menjadi populer di beberapa daerah namun tentunya secara kekhasan isian masing-masing. Kaya Lumpia Semarang dengan rebungnya. Lumpia Basah Bandung secara oncomnya dan lain sebagainya.

Di Indonesia, makanan ini sering di jumpai dalam perkotaaan. Di bandung serta Semarang anda dapat menjumpainya hampir diseluruh penjuru tanah air. Mulai dari kaki lima hingga restauran di hotel berbintang.

Namun dikota lain, lumpia terutama lumpia enak hanya dapat ditemui dalam beberapa sudut kota terutama restauran Cina.

Di Amerika atau di Eropa, sasaran yang digulung dengan rice paper ini sering disebut spring rolls, glass rolls, atau crystal rolls . Bagaimanapun penyajiannya, mau digoreng ataupun disajikan secara fresh .

FOTO:   Github

Sedang di Australia, makanan ini disebut sebagai cold rolls . Baik di Amerika, Eropa atau Australia, kebanyakan akan menyajikannya dengan isian salad sayuran dan saus kecap asin atau molek.

Apapun sebutannya dan bagaimanapun bentuknya, lumpia basah dalam Bandung, Semarang ataupun di daerah dan negara lain akan tetap menjadi makanan menyehatkan yang dicari pembeli. Baik karena rasa ataupun karena sisi sehatnya.   (*)