Jelang Nataru, Polres Palu Musnahkan 19 Kilogram Sabu

Jelang Nataru, Polres Palu Musnahkan 19 Kilogram Sabu

TIMESINDONESIA, PALU – Menyambut perayaan Natal dan Tahun Segar (Nataru) tahun ini, Polres Palu  memusnahkan 19 kilogram narkotika jenis sabu di Mapolres Palu pada Senin, (21/12/2020).

“Sabu seberat 19 kg yang kami musnahkan hari tersebut, merupakan hasil tangkapan pada Jumat, 27 November 2020. Dari penangkapan tersebut, kami berhasil mengamankan 3 orang pelaku, ” kata Kapolres Palu, AKBP Riza Faisal pada Senin, (21/12/2020).

Proses pemusnahan sabu itu dilakukan dengan cara dituangkan ke dalam sebuah wadah yang berisi air mendidih yang dicampur secara detergen. Kemudian sabu diaduk tenggat larut lalu dibuang kedalam kloset.

Riza mengungkapkan, dalam pemusnahan ini, pihaknya berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri (PN) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Untuk saat ini, sekapur dia, kasusnya masih dalam periode penyidikan oleh Satuan Narkoba Polres Palu. Ia berharap dalam periode dekat sudah bisa dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Palu.

Sebelumnya, pada 27 November 2020 polisi menangkap karakter berinisial HR dan anaknya SIK karena diduga memiliki 19 kg sabu.

Polisi menangkap SIK di rumahnya yang terletak di Jalan Nuri, Kecamatan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu Sulteng. Untuk mengelabui polisi narkoba itu dikemas dalam bungkus teh. Sabu seberat 19 kg itu didapatkan tersangka dari Tawau, Sabah Malaysia.

Barang itu diselundupkan melalui jalur laut Kalimantan Utara pra dibawa ke Sulteng. Namun sebelum mengedarkan sabu tersebut, rencana mereka sudah terendus pihak kepolisian dan mereka berhasil diringkus anggota penjaga Polres Palu. (*)