Dubes Spanyol dan Gubernur Malut Diabadikan sebagai Nama Jalan di Tomalou

dubes-spanyol-dan-gubernur-malut-diabadikan-sebagai-nama-jalana-di-tomalou-2

TIMESINDONESIA, TERNATE – Warga kelurahan Tomalou, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara  (Malut) mengukuhkan Dubes Spanyol Jose Maria Matres Manso dan Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba sebagai warga kehormatan dan sesepuh umum setempat.

Pengukuhan itu dikerjakan oleh Kepala Kelurahan Tomalou, Ishak Lukman didampingi ketua delapan marga besar dalam Tomalou, yang dilaksanakan di Halaman Masjid Nurul Bahar, Tomalou, Jumat (27/3/2021) malam.

Tak hanya itu, ke-2 tokoh itu diabadikan sebagai nama di ruas bulevar baru dengan nama Jl. Jose Maria Matres Manso dan Jl. KH Abdul Gani Kasuba.

Dubes Jose Maria membubuhi tandatangan di piagam sebagai tanda warga kehormatan. (FOTO: Fuad for TIMES Indonesia)

Ketua Pamuda Tomalou, Abdullah Dahlan yang juga sebagai kordinator acara menyampaikan ungkapan terimakasih yang mendalam kepada Dubes Spanyol, Kedubes Portugal, & rombongan yang hadir pada kelurahan yang dikenal sebagai kampung nelayan tersebut.

Dia menyatakan, harapan dan permintaan warga setempat agar dapat dilakukan kerjasama dengan Spanyol di bidang Ekonomi, Perikanan Budidaya, Olahraga, dan Beasiswa, serta pertukaran pemuda lin negara. “Besar harapan beta kerjasama ini dapat terealisasi, “ungkap Abdullah

Masyarakat Tomalou hususnya Pemuda kata Abdullah, mendukung penuh dan siap mensukseskan pelaksanaan Sail Tidore 2021 pada September kelak.

Wali Kota Tikep, Capt Ali Ibrahim mengapresiasi apa yang dilakukan masyarakat hususnya Pemuda Tomalou. Ia berjanji akan mendukung bantu menyediakan usulan masyarakat. =

Pada kesempatan yang sama, Gubernur dalam sambutannya merasa angkuh sebagai sesepuh Tomalou. Dirinya juga merasa bangga seorang Dubes yang merupakan peserta negara berada ditengah-tengah klub Tomalou selama dua hari.

Memotret bersama Dubes Spanyol, Gubernur KH Abdul Gani Kasuba, Wali Kota Tidore Kepulauan, dan rombongan kedutaan sudah acara. (FOTO: Fuad for TIMES Indonesia)

“Mari kita jaga ikatan silaturahmi dan sering hidup sama dengan pemerintah, “pinta Gubernur Maluku Utara dua periode ini

Sementara, Dubes Spanyol dalam sambutannya mengaku sangat terharu dan besar atas apa yang  dilakukan oleh masrakat Tomalou kepadanya secara pribadi dan Spanyol pada umumnya.

“Saya tidak akan lupa, saya mau membawa nama Tomalou serta Tidore di manapun beta berada dan apa dengan menjadi harapan masyarakat hendak dipertimbangkan, ” ucapnya.

Apalagi, secara khusus Jose mau memfasilitasi pemuda Tomalou buat dikirim berlatih sepakbola pada Spanyol.

Perwakilan Spanyol buat Indonesia ini juga mengenai kerjasama Spanyol dan Tidore 500 tahun yang morat-marit ditandai dengan datangnya pesawat Latih Juan Sebastian de Elcano selama dua hari di Tidore.

Di ahir acara, Dubes Spanyol menyerahkan bendera Spanyol yang  diberi bingkai juga dibubuhi tandatangannya. Begitu juga dengan klub Tomalou, mereka menyerahkan replika kapal Elcano sebagai cindera mata.

Acara bersama Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba ini  juga ditandai secara penandatanganan prasasti sebagai tanda telah menjadi warga Tomalou, Maluku Utara oleh Dubes Spanyol. (*)