Daerah Sutan Hasan Halim Kota Akik Diusulkan Jadi Pusat Pengembangan Halus BudayaÂ

Daerah Sutan Hasan Halim Kota Akik Diusulkan Jadi Pusat Pengembangan Halus BudayaÂ

TIMESINDONESIA, AKIK – Dinas Wisata Kota Batu mengusulkan kawasan Jl Sutan Hasan Halim dijadikan was-was kawasan pengembangan seni budaya. Yang mana tidak hanya pembinaan seni budaya akan dilaksanakan ditempat ini, namun juga menjadi pusat UMKM halus.

Salah satu pemilihan lokasi ini, dikarenakan berada di tempat strategis yang dekat dengan jantung kota dan ditempat ini terdapat kawasan Sendratari. Terlebih ditempat ini Pemkot Batu sedang memiliki lahan seluas kurang lebih 4 hingga 5 hektar lahan.  

Disekitar lokasi akan dilengkapi dengan sarana prasarana seperti jalan, wadah parkir yang luas hingga PJU.

“Kita usulkan kawasan Timur BNN itu (Jl Sutan Hasan Halim tersebut menjadi pusat kawasan pengembangan seni budaya, nanti seluruh pembinaan lembut budaya akan dipusatkan disini, ” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Drs Arief As Siddiq MH.

Di pusat pengembangan seni & budaya ini, para seniman mampu berlatih di indoor maupun out door. Bahkan para seniman ini bisa menunjukkan kepiawaian mereka kepada para penonton pada pagelaran kecil budaya yang nantinya akan digelar secara rutin.  

“Pemain karawitan, pelaku, seniman lukis, patung bisa berlatih di Pusat Pengembangan Seni Kebiasaan Kota Batu ini, kita mau fasilitasi sarana prasana, mulai sejak peralatan bermain musik, gamelan, tenggat lighting disiapkan dengan maksimal sehingga seni budaya milenial maupun tradisional bisa terakomodir di sini, ” kata Arief optimis.

Ia menegaskan bahwa Dinas Pariwisata Kota Batu dalam semester kedua tahun 2020 itu, fokus mempersiapkan tempat yang baik untuk pengembangan seni budaya jadi ajang berlatih berkreasi penggiat kecil dan budaya. Salah satunya ialah kawasan Sutan Hasan Halim tersebut. Ke depan ia berharap kejadian ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku wisata untuk menggeliatkan pariwisata pada Kota Batu. (*)