4 Tips Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna

4 Tips Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak semua orang andai dalam menunjuk buah. Kebanyakan dari kita tahu kulit buah sebagai panduan istimewa. Sayangnya hal itu tak sepenuhnya benar. Apalagi untuk memilih bahan semangka.  

Jika salah pilih, bisa jadi semangka pucat dan tak elok yang didapat.  

Semangka matang punya kandungan air yang melimpah. Awak merah pada semangka tampak sah.  

Berikut ini tips memilih mendikai

1. Perhatikan warnanya kulitnya

Jika Anda mengambil semangka di pasar tradisional, mendikai dijual per biji. Agak susah untuk melihat warga daging semangka. Untuk itu perhatikan warna kulitnya. Pilihlah warna kulit semangka yang hijau tua dengan bercak pelit atau disebut field spot.  

Field spot muncul bila buah mendikai bersentuhan langsung dengan tanah. Bintik berwarna kuning yang umumnya ada di bagian bawah semangka tersebut dapat menjadi salah satu indikasi kematang buah. Field spot yang lebar itu tandanya semangka telah matang.  

2. Mengetuk permukaan blewah

Cara ini untuk mengetahui kepadatan pokok. Semagka dengan kualitas yang jalan akan mengeluarkan suara yang terkesan penuh saat diketuk. Namun bila semangka berbunyi nyaring maka penuh rongga dalam semangka.

3. Perhatikan warna daging buah

Jika Anda ingin mengambil semangka potong, perhatikan warna daripada daging buahnya. Semangka yang matang sempurna akan memiliki warna abang yang terlihat segar dan ranum.  

Untuk memastikan buah semangka sedang segar dan renyah, Anda bisa menekan secara lembut dengan jari telunjuk. Jika semangka masih mengutarakan air saat ditekan, berarti keturunan buah masih segar dan rapuh.  

4. Pilih batang yang sudah kering

Biasanya ada semangka yang melupakan batang pendek. Pilihlah bayang dengan telah mengering. Itu menandakan mendikai benar-benar matang. (*)