10 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

10 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain memperhatikan contoh makan dan kandungan gizi, gerak juga berperan penting dalam membangun kelancaran diet sekalaigus menurunkan mengandung badan.

Diet perlu diseimbangkan dengan olahraga yang mampu meningkatkan metabolisme awak. Berikut ini olahraga yang dapat dilakukan selama diet:

1. Jalan tangan

Hidup kaki adalah olahraga yang paling mudah dilakukan dan tidak memerlukan uang ataupun banyak alat. Bulevar kaki terbukti ampuh untuk membakar kalori dalam tubuh.

Menurut Harvard Health, seseorang yang memiliki berat lembaga 70 kilogram, dapat membakar sekitar 167 kalori hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Riset asing membuktikan, sebanyak 20 wanita secara masalah obesitas dapat membakar lemak hingga 1, 5 persen serta mengecilkan lingkar pinggangnya hingga 2, 8 centimeter setelah rutin timah kaki (selama 50-70 menit) sebesar tiga kali dalam seminggu.

2. Mangkir

Dikutip dari laman  prevention. com, olahraga lari secara rutin dalam tujuh hari bisa memangkas berat institusi jika dilakukan dengan baik.

Menurut para ahli di Harvard Health, seseorang dengan berat badan 70 kilogram dapat membakar sekitar 298 kalori dengan jogging selama 30 menit (dengan kecepatan 8 kilometer bohlam jam).

Selain itu, jogging dan berlari terbukti dapat membakar lemak berlebih di bagian perut. Kelebihan gemuk di bagian tubuh ini perlu diwaspadai karena dapat mengundang penyakit jantung dan diabetes.

3. Skipping

Para ilmuwan menemukan bahwa skipping atau lompat tali mampu membantu meningkatkan Body Mass Index (BMI) atau Ruang Massa Tubuh.

Melakukan skipping selama 10 menit dengan intensitas tinggi mampu dianggap setara dengan berlari 8 menit dan dapat membakar hampir 1. 200 kalori dalam satu jam. Sementara skipping selama 30 menit dapat membakar 300 kalori.

4. Bersepeda

Satu diantara kunci untuk menurunkan mengandung badan adalah dengan mambakar penuh kalori. Jika dilakukan dengan benar, bersepeda selama 30 menit dapat membakar antara 300-500 kalori.

American College of Sport Medicine menganjurkan gerak cardio, termasuk bersepeda, selama 30 menit sehari yang dilakukan setidaknya 5 kali dalam seminggu.  

Lebih dari itu, bersepeda dipercaya pintar meningkatkan kebugaran sekaligus mencegah keburukan jantung dan kanker.

5. Senam Aerobik

Jika dilakukan secara teratur, senam aerobik efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Gerakan-gerakan tubuh yang dilakukan secara cepat saat senam aerobik menyebabkan tubuh cepat berkeringat dan mampu membakar lemak dengan cepat.

Selain itu, senam aerobik juga berkecukupan menjaga berat badan agar tentu ideal jika dilakukan secara rutin.

enam. Berenang

Renang bisa membantu meluruhkan gemuk dalam tubuh. Penyebabnya, ketika berenang, tubuh otomatis akan membakar kalori cukup banyak. Melakukannya selama 60 menit akan membakar sekitar 500 hingga 700 kalori.

Berdasarkan hasil studi American Heart Association, berenang semasa 30-60 menit dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi efek kesehatan. Apalagi jika olahraga tersebut dilakukan secara rutin 4-6 keadaan seminggu, maka akan lebih berguna untuk mencegah beberapa penyakit kaya stroke, diabetes, dan penyakit dalaman.

tujuh. Yoga

Menurut Beth A. Lewis, profesor di  University of Minnesota  di  Amerika Serikat, yoga yang disertai dengan meditasi dapat membakar bertambah banyak kalori. Satu jam yoga dapat membakar kalori lebih penuh daripada berjalan kaki dengan periode yang sama. Sebagai perbandingan, berjalan menguasai selama satu jam bisa mengompori kira-kira sebanyak 238 kalori.

Yoga juga  menguatkan otot jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh pembawaan dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga mampu mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal tersebut memungkinkan sel tubuh untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat setelahnya.

Semakin banyak kalori yang terbakar, makin lekas pula  metabolisme tubuh bekerja buat membakar timbunan lemak.

8. Pilates

Pilates dasar sekilas mirip dengan yoga. Tetapi keduanya adalah jenis olahraga yang berbeda.

Pilates adalah olahraga  low impact  yang efektif untuk menguatkan, membentuk otot tanpa lemak, dan membenarkan postur tubuh.   Olahraga  low impact  maksudnya adalah jenis olahraga di mana kedua atau salah satu kaki masih menempel dalam lantai.

Pilates bisa membantu menurunkan berat badan asalkan dikombinasikan dengan bervariasi olahraga dan kebiasaan sehat yang lain.

9. Latihan beban

Mengangkat beban dianggap sebagai salah satu jenis olahraga buat diet yang paling ampuh, bahkan juga bisa dilakukan di vila jika memiliki alat-alatnya.

Riset membuktikan, menetapkan beban selama 30 menit dapat membakar 112 kalori pada karakter dengan berat badan 70 kilogram. Ditambah lagi, angkat beban mampu memperkuat dan merangsang pertumbuhan urat.

10. Latihan interval

Biasanya latihan interval berlaku selama 10-30 menit dan sanggup membakar banyak kalori yang bisa menurunkan berat badan. Selain tersebut, banyak penelitian menunjukkan bahwa latihan interval sangat efektif dalam menimbulkan lemak perut, yang terkait secara banyak penyakit kronis.

Sebuah studi di 9 pria menemukan bahwa latihan interval dapat membakar 25-30 komisi lebih banyak kalori per menit daripada jenis latihan lainnya, tercatat latihan beban, bersepeda, dan mangkir.

Itulah 10 olahraga yang dapat dilakukan buat menurunkan berat badan. Tentunya hasilnya akan lebih maksimal jika dikerjakan secara rutin dan tetap menghiraukan pola makan agar seimbang. (*)